Wednesday, November 19, 2014

Sejarah Pan Islamisme ..

Semua kegiatan diskusi politik Iqbal dan kontribusinya kepada kebangkitan politik Islam harus dimulai dengan pengakuan bahwa Iqbal tidak dalam arti seorang politikus . Dia menulis puisi dan menulis secara ekstensif dalam prosa . Dia pada dasarnya seorang penyair dan filsuf politik, baik dalam bidang diraihnya reputasi internasional yang luar biasa . Meskipun, Iqbal pra - sibuk dengan kegiatan sastra , pikiran sensitif seperti itu tidak bisa tetap tidak peduli dengan apa yang terjadi di sekelilingnya di bidang politik . Partisipasinya dalam politik praktis dikonfirmasi hanya selama dekade terakhir hidupnya . [ 1 ]
Iqbal lahir di Sialkot pada 9 November 1877 , [ 2 ] yang merupakan fase kedua dari gerakan Pan - Islam . Pan- Islamisme atau universalisme Islam adalah fitur utama dari pemikiran politik Iqbal . Survei sejarah gerakan Pan - Islam mengakui dari yang dibagi menjadi tiga periode . Meskipun, divisi yang sewenang-wenang , mereka berguna untuk tujuan penelitian kami . Yang pertama terdiri dalam periode dari kematian Nabi ( saw ) abad ke-18 . Ini dimulai dari Hei hari kekuasaan Muslim dan berakhir pada penurunan . Periode kedua dimulai dengan abad ke-18 dan berakhir pada bulan Maret 1924 , ketika Majelis Nasional Turki diberhentikan Khalifa Abdul Majid dan menghapuskan Khilafah . [ 3] penawaran periode dengan munculnya wahabisme dan pemberontakan dunia Muslim terhadap Eropa gangguan-gangguan politik dan spiritual . Ini merupakan periode penting karena menyaksikan sebuah front bersatu Muslim dan politik dijiwai dengan ideologi Pan - Islam . India Muslim termasuk dalam kebangkitan umum ini . Selama fase ini, nama Iqbal terkait erat dengan gerakan Pan - Islam . Bahkan , kalangan tertentu percaya bahwa pesan Iqbal adalah kelanjutan atau lebih tepatnya puncak dari gerakan yang dimulai oleh Syed Jamal - al- Din Afghani [ 4 ] , yang merupakan pemimpin baru Pan - Islamisme . Periode ketiga milik abad ke-19 dan ke-20 di mana nasionalisme mengambil tempat Pan - Islamisme . [ 5 ] Tujuan dari makalah saya adalah untuk mempelajari gagasan Pan - Islamisme atau Muslim Universalisme dalam tulisan-tulisan Iqbal . Istilah " Pan - Islamisme " diciptakan oleh para orientalis Barat selama abad ke-19 [ 6 ] dan hampir tidak digunakan dalam arti saling melengkapi . " Pan Islamisme didefinisikan sebagai semacam liga dari" negara-negara Muhammad untuk membela " Mussalman Iman " . [ 7 ] Perasaan tumbuh solidaritas kaum muslimin telah berkali-kali telah ditetapkan sebagai fanatisme dan kebangkitan permusuhan Muslim terhadap agama Kristen " [ 8 ] . Kemudian , bahkan penulis Muslim yang sering digunakan untuk menjelaskan persaudaraan Muslim . [ 9 ] Arti definisi Pan - Islamisme adalah perasaan solidaritas di antara semua umat Islam terlepas dari ras atau kebangsaan . Ini mengekspresikan dirinya secara praktis dalam lingkup internasional sebagai keinginan untuk beroperasi sebagai satu kesatuan di bawah kepemimpinan umum .

Asal usul gerakan ini dapat ditelusuri kembali ke kebangkitan Islam itu sendiri . Tujuan Islam adalah untuk menghancurkan semua diskriminasi berdasarkan kasta , warna kulit, keyakinan dan wilayah . Al-Qur'an dan tradisi ( hadis ) dari Rasulullah (SAW ) dilengkapi dengan petunjuk dan perintah lagi kecenderungan sectional di antara manusia . Al-Qur'an meletakkan prinsip: " Orang-orang beriman hanyalah satu persaudaraan " [ 10 ]
Demikian pula , salah satu dari banyak hadis Nabi ( SAW ) adalah " The Muslim sebagai dinding , satu bagian pendukung lainnya , kaum muslimin semua adalah satu tubuh . Jika mata terluka , seluruh tubuh menderita ; . Jika kaki terluka , kemudian juga seluruh tubuh menderita [ 11 ] Ini adalah masalah sejarah yang selama berabad-abad kaum Muslim di dunia yang digunakan untuk bergerak bebas dari satu negara Muslim yang lain tanpa visa atau izin . Mereka menetap secara bebas di mana pun mereka suka dan bahkan naik ke posisi terkemuka dalam pemerintah daerah . Grunebaum , menyebutkan fakta ini , mengatakan bahwa menurut hukum Islam setiap muslim adalah penuh " Citizen " dari seorang Muslim memerintah negara di mana ia kebetulan menemukan dirinya dan tidak ada Muslim adalah alien dalam tanah Muslim [ 12 ] Namun , penaklukan tanah Muslim oleh kekuatan Eropa adalah pukulan pertama terhadap prinsip ini . Kekuatan Eropa memberlakukan pembatasan teritorial dan memberikan ke tanah yang berbeda nomenclatures spesifik kebangsaan . Mereka menempatkan pembatasan pergerakan dan perjalanan juga yang , dengan berlalunya waktu , dibuat lebih kaku dan dengan demikian dunia Muslim dibagi ke dalam kompartemen kedap air dan ini adalah bagaimana umat Islam kehilangan adegan persatuan dan tujuan . Ketika umat Islam kehilangan sejarah kemerdekaan politik Muslim Universalisme juga menghilang dengan itu . [ 13 ] Muslim Universalisme berarti aturan khalifah yang spiritual dan politik kekuasaan adalah tertinggi di Kekaisaran Muslim . Seluruh Empire adalah salah satu entitas besar orang percaya di mana persatuan dan kesatuan di bawah hukum ilahi diatur urusan individu dan masyarakat , setelah akhir periode , khalifah saleh , dunia Muslim pergi melalui pengalaman semacam pahit . Selama paruh kedua abad ke-19 , panggung politik berubah dengan cepat dan umat Islam kehilangan sebagian besar basis politik mereka . [ 14 ]

Pada tahun 1857 , setelah perang pertama Kemerdekaan India , kekaisaran Mughal di Indo - Pak benua akhirnya berakhir . Antara 1857 dan 1864 Rusia menaklukkan negara-negara muslim independen di Kaukasus . Pada 1886 Uzbek khanates juga ditundukkan . Pemerintah India Inggris dilancarkan banyak perang melawan Afghanistan . Iran telah menjadi tempat tidur konspirasi internasional . Malaya dan Indonesia telah menjadi koloni dari kekuatan Barat . Di Afrika Utara , Aljazair telah diduduki oleh Perancis pada tahun 1850 . Tunisia menjadi protektorat Perancis pada 1881 dan setahun kemudian Inggris menduduki Mesir . Di Eropa Timur , Ottoman Sultan harus menyerahkan wilayah besar dengan populasi Muslim besar Bosnia , Bulgaria dan beberapa daerah lain untuk kekuatan non - Muslim . Sudan juga ditaklukkan oleh Inggris . Dengan demikian , seluruh dunia Muslim berada dalam keadaan degenerasi politik , sosial, agama dan moral.
Kebingungan ini telah meningkat oleh dampak westernisasi karena elit yang berpendidikan Barat memandang bahkan agama mereka sendiri dengan kecurigaan . Di bawah ini - keadaan yang selama dekade terakhir abad ke-19 , dalam suasana protes dan kepahitan , gerakan Pan - Islam muncul di Dunia Muslim . [ 15 ] Pahlawan yang luar biasa dari gerakan ini , dari siapa Iqbal mengambil inspirasi , adalah Jamal - al -Din Afghani . Siapa yang memimpin perang salib satu tangan [ 16 ] , dengan pengetahuan tentang syariat dan hadiah yang luar biasa dari kefasihan ? Ke mana pun ia pergi , kepribadian magnetik Afghani meninggalkan tanda kebangkitan dan sekelompok pengikut untuk melanjutkan misinya . Nya Pan -Islamisme pada dasarnya doktrin kesatuan dunia dan konstitusionalisme Muslim. Tujuan utamanya adalah untuk membebaskan tanah Muslim dari imperialisme Barat dan untuk kembali menyalakan kalangan umat Islam cinta untuk cita-cita Islam persatuan , kemurnian dan kemajuan . Bagi banyak orang ia adalah juru bicara utama modernisme dalam Islam .
Menurut beberapa sejarawan ia lahir pada tahun 1839 , dekat Kabul . [ 17 ] Sedangkan Nikki Keddie mengatakan , Jamal al- Din adalah Iran , lahir di Asadabad dekat Hamadan , dalam sebuah keluarga [ 18 ] dari Sayyid Sampai usia 10 dia belajar di sekolah lokal dan setelah itu di berbagai tempat di Persia dan Afghanistan . Pada usia 18 , ia memiliki pengetahuan yang baik dari ilmu Muslim , Arab , filsafat , sejarah Islam , teologi Muslim , sufisme , logika , fisika , matematika, kedokteran dan mata pelajaran lain . [ 19 ] Pada usia yang sama , Afghani datang ke India dan tinggal selama sekitar satu tahun setengah di mana ia menciptakan dampak yang besar pada umat Islam India . [ 20 ] Setelah itu , sepanjang hidupnya , Afghani mengunjungi berbagai negara di Asia , Eropa dan Afrika Utara berbicara menentang pendudukan tanah Muslim oleh kekuatan Barat dan menekankan perlunya persatuan umat Islam . [ 21 ] Ia meninggal di Konstantinopel ( Istambul ) pada 9 Maret 1897 . [ 22 ] dalam pengaruh Indo - Pakistan sub - benua Afghani adalah mendalam dan abadi . Wilfrid Scwa Blunt dalam buku hariannya berkomentar tentang popularitas Afghani di India . Jadi : untuk Jamal - ud - Din mereka mengaku sesuatu seperti ibadah " [ 23 ]
Afghani adalah seorang pemimpin besar yang hampir setiap pemimpin terkenal di sub - benua selama abad kedua puluh , termasuk Mohammad Iqbal , telah membayar upeti kepada kontribusinya untuk penyebab kebangkitan Muslim . Afghani percaya bahwa gerakan reformasi modern di Islam harus didasarkan pada prinsip-prinsip Islam asli dari Al-Qur'an dan Sunnah , Dia percaya bahwa akan dikenakan aturan alien itu terhadap Islam. [ 24 ]

PANDANGAN IQBAL 'S




No comments:

Post a Comment