Semua kegiatan diskusi politik Iqbal dan kontribusinya
kepada kebangkitan politik Islam harus dimulai dengan pengakuan bahwa Iqbal
tidak dalam arti seorang politikus . Dia menulis puisi dan menulis secara
ekstensif dalam prosa . Dia pada dasarnya seorang penyair dan filsuf politik,
baik dalam bidang diraihnya reputasi internasional yang luar biasa . Meskipun,
Iqbal pra - sibuk dengan kegiatan sastra , pikiran sensitif seperti itu tidak
bisa tetap tidak peduli dengan apa yang terjadi di sekelilingnya di bidang
politik . Partisipasinya dalam politik praktis dikonfirmasi hanya selama dekade
terakhir hidupnya . [ 1 ]
Iqbal lahir di Sialkot pada 9 November 1877 , [ 2 ] yang
merupakan fase kedua dari gerakan Pan - Islam . Pan- Islamisme atau
universalisme Islam adalah fitur utama dari pemikiran politik Iqbal . Survei
sejarah gerakan Pan - Islam mengakui dari yang dibagi menjadi tiga periode .
Meskipun, divisi yang sewenang-wenang , mereka berguna untuk tujuan penelitian
kami . Yang pertama terdiri
dalam periode dari kematian Nabi ( saw ) abad ke-18 . Ini dimulai dari Hei hari
kekuasaan Muslim dan berakhir pada penurunan . Periode kedua dimulai dengan abad ke-18 dan berakhir pada
bulan Maret 1924 , ketika Majelis Nasional Turki diberhentikan Khalifa Abdul
Majid dan menghapuskan Khilafah . [ 3] penawaran periode dengan munculnya
wahabisme dan pemberontakan dunia Muslim terhadap Eropa gangguan-gangguan
politik dan spiritual . Ini merupakan periode penting karena menyaksikan sebuah
front bersatu Muslim dan politik dijiwai dengan ideologi Pan - Islam . India
Muslim termasuk dalam kebangkitan umum ini . Selama fase ini, nama Iqbal
terkait erat dengan gerakan Pan - Islam . Bahkan , kalangan tertentu percaya
bahwa pesan Iqbal adalah kelanjutan atau lebih tepatnya puncak dari gerakan
yang dimulai oleh Syed Jamal - al- Din Afghani [ 4 ] , yang merupakan pemimpin
baru Pan - Islamisme . Periode ketiga milik abad ke-19 dan ke-20 di mana nasionalisme mengambil
tempat Pan - Islamisme . [ 5 ] Tujuan dari makalah saya adalah untuk
mempelajari gagasan Pan - Islamisme atau Muslim Universalisme dalam
tulisan-tulisan Iqbal . Istilah " Pan - Islamisme " diciptakan oleh para orientalis Barat
selama abad ke-19 [ 6 ] dan hampir tidak digunakan dalam arti saling melengkapi
. " Pan Islamisme didefinisikan sebagai semacam liga dari"
negara-negara Muhammad untuk membela " Mussalman Iman " . [ 7 ]
Perasaan tumbuh solidaritas kaum muslimin telah berkali-kali telah ditetapkan
sebagai fanatisme dan kebangkitan permusuhan Muslim terhadap agama Kristen
" [ 8 ] . Kemudian , bahkan penulis Muslim yang sering digunakan untuk
menjelaskan persaudaraan Muslim . [ 9 ] Arti definisi Pan - Islamisme adalah
perasaan solidaritas di antara semua umat Islam terlepas dari ras atau
kebangsaan . Ini mengekspresikan dirinya secara praktis dalam lingkup
internasional sebagai keinginan untuk beroperasi sebagai satu kesatuan di bawah
kepemimpinan umum .
Asal usul gerakan ini dapat ditelusuri kembali ke kebangkitan Islam itu sendiri
. Tujuan Islam adalah untuk menghancurkan semua diskriminasi berdasarkan kasta
, warna kulit, keyakinan dan wilayah . Al-Qur'an dan tradisi ( hadis ) dari
Rasulullah (SAW ) dilengkapi dengan petunjuk dan perintah lagi kecenderungan
sectional di antara manusia . Al-Qur'an meletakkan prinsip: " Orang-orang
beriman hanyalah satu persaudaraan " [ 10 ]
Demikian pula , salah satu dari banyak hadis Nabi ( SAW )
adalah " The Muslim sebagai dinding , satu bagian pendukung lainnya , kaum
muslimin semua adalah satu tubuh . Jika mata terluka , seluruh tubuh menderita
; . Jika kaki terluka , kemudian juga seluruh tubuh menderita [ 11 ]
Ini adalah masalah sejarah yang selama berabad-abad kaum
Muslim di dunia yang digunakan untuk bergerak bebas dari satu negara Muslim
yang lain tanpa visa atau izin . Mereka menetap secara bebas di mana pun mereka
suka dan bahkan naik ke posisi terkemuka dalam pemerintah daerah . Grunebaum ,
menyebutkan fakta ini , mengatakan bahwa menurut hukum Islam setiap muslim
adalah penuh " Citizen " dari seorang Muslim memerintah negara di
mana ia kebetulan menemukan dirinya dan tidak ada Muslim adalah alien dalam
tanah Muslim [ 12 ] Namun , penaklukan tanah Muslim oleh kekuatan Eropa adalah
pukulan pertama terhadap prinsip ini . Kekuatan Eropa memberlakukan pembatasan
teritorial dan memberikan ke tanah yang berbeda nomenclatures spesifik
kebangsaan . Mereka menempatkan pembatasan pergerakan dan perjalanan juga yang
, dengan berlalunya waktu , dibuat lebih kaku dan dengan demikian dunia Muslim
dibagi ke dalam kompartemen kedap air dan ini adalah bagaimana umat Islam
kehilangan adegan persatuan dan tujuan . Ketika umat Islam kehilangan sejarah
kemerdekaan politik Muslim Universalisme juga menghilang dengan itu . [ 13 ]
Muslim Universalisme berarti aturan khalifah yang spiritual
dan politik kekuasaan adalah tertinggi di Kekaisaran Muslim . Seluruh Empire
adalah salah satu entitas besar orang percaya di mana persatuan dan kesatuan di
bawah hukum ilahi diatur urusan individu dan masyarakat , setelah akhir periode
, khalifah saleh , dunia Muslim pergi melalui pengalaman semacam pahit . Selama
paruh kedua abad ke-19 , panggung politik berubah dengan cepat dan umat Islam
kehilangan sebagian besar basis politik mereka . [ 14 ]
Pada tahun 1857 , setelah perang pertama Kemerdekaan India , kekaisaran Mughal
di Indo - Pak benua akhirnya berakhir . Antara 1857 dan 1864 Rusia menaklukkan
negara-negara muslim independen di Kaukasus . Pada 1886 Uzbek khanates juga
ditundukkan . Pemerintah India Inggris dilancarkan banyak perang melawan Afghanistan
. Iran telah menjadi tempat tidur konspirasi internasional . Malaya dan
Indonesia telah menjadi koloni dari kekuatan Barat . Di Afrika Utara , Aljazair
telah diduduki oleh Perancis pada tahun 1850 . Tunisia menjadi protektorat
Perancis pada 1881 dan setahun kemudian Inggris menduduki Mesir . Di Eropa
Timur , Ottoman Sultan harus menyerahkan wilayah besar dengan populasi Muslim
besar Bosnia , Bulgaria dan beberapa daerah lain untuk kekuatan non - Muslim .
Sudan juga ditaklukkan oleh Inggris . Dengan demikian , seluruh dunia Muslim
berada dalam keadaan degenerasi politik , sosial, agama dan moral.
Kebingungan ini telah meningkat oleh dampak westernisasi
karena elit yang berpendidikan Barat memandang bahkan agama mereka sendiri
dengan kecurigaan . Di bawah ini - keadaan yang selama dekade terakhir abad
ke-19 , dalam suasana protes dan kepahitan , gerakan Pan - Islam muncul di
Dunia Muslim . [ 15 ] Pahlawan yang luar biasa dari gerakan ini , dari siapa Iqbal mengambil
inspirasi , adalah Jamal - al -Din Afghani . Siapa yang memimpin perang salib
satu tangan [ 16 ] , dengan pengetahuan tentang syariat dan hadiah yang luar
biasa dari kefasihan ? Ke mana pun ia pergi , kepribadian magnetik Afghani
meninggalkan tanda kebangkitan dan sekelompok pengikut untuk melanjutkan
misinya . Nya Pan -Islamisme pada dasarnya doktrin kesatuan dunia dan
konstitusionalisme Muslim. Tujuan utamanya adalah untuk membebaskan tanah
Muslim dari imperialisme Barat dan untuk kembali menyalakan kalangan umat Islam
cinta untuk cita-cita Islam persatuan , kemurnian dan kemajuan . Bagi banyak
orang ia adalah juru bicara utama modernisme dalam Islam .
Menurut beberapa sejarawan ia lahir pada tahun 1839 ,
dekat Kabul . [ 17 ] Sedangkan Nikki Keddie mengatakan , Jamal al- Din adalah
Iran , lahir di Asadabad dekat Hamadan , dalam sebuah keluarga [ 18 ] dari
Sayyid Sampai usia 10 dia belajar di sekolah lokal dan setelah itu di berbagai
tempat di Persia dan Afghanistan . Pada usia 18 , ia memiliki pengetahuan yang
baik dari ilmu Muslim , Arab , filsafat , sejarah Islam , teologi Muslim ,
sufisme , logika , fisika , matematika, kedokteran dan mata pelajaran lain . [
19 ] Pada usia yang sama , Afghani datang ke India dan tinggal selama sekitar
satu tahun setengah di mana ia menciptakan dampak yang besar pada umat Islam
India . [ 20 ] Setelah itu , sepanjang hidupnya , Afghani mengunjungi berbagai
negara di Asia , Eropa dan Afrika Utara berbicara menentang pendudukan tanah
Muslim oleh kekuatan Barat dan menekankan perlunya persatuan umat Islam . [ 21
] Ia meninggal di Konstantinopel ( Istambul ) pada 9 Maret 1897 . [ 22 ] dalam
pengaruh Indo - Pakistan sub - benua Afghani adalah mendalam dan abadi .
Wilfrid Scwa Blunt dalam buku hariannya berkomentar tentang popularitas Afghani
di India . Jadi : untuk Jamal - ud - Din mereka mengaku sesuatu seperti ibadah
" [ 23 ]
Afghani adalah seorang pemimpin besar yang hampir setiap
pemimpin terkenal di sub - benua selama abad kedua puluh , termasuk Mohammad
Iqbal , telah membayar upeti kepada kontribusinya untuk penyebab kebangkitan
Muslim . Afghani percaya bahwa gerakan reformasi modern di Islam harus
didasarkan pada prinsip-prinsip Islam asli dari Al-Qur'an dan Sunnah , Dia
percaya bahwa akan dikenakan aturan alien itu terhadap Islam. [ 24 ]
PANDANGAN IQBAL 'S